Informasi kepada Pengunjung setia di www.ra-miftahul-jannah.sch.id, mulai Hari Kamis, 13 Oktober 2016 Pukul 05.45 WIB, alamat blog www.ra-miftahul-jannah.sch.id telah pindah alamat di

www.khadhlah.blogspot.co.id

Terimakasih dan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini

. What do you think ?: Tips Efektif Menjadi Guru PAUD yang Handal

Tips Efektif Menjadi Guru PAUD yang Handal

Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia. Selain itu untuk menjadi seorang guru biasanya karena adanya keinginan yang kuat untuk membagi ilmu yang telah dipelajari ke orang lain. Tidaklah mudah menjadi seorang guru apalagi untuk tingkat anak-anak usia dini. Memerlukan kesabaran dan ketelatenan agar tujuan dari pengajaran bisa tercapai dengan baik.
Ada beberapa cara yang harus diterapkan agar para anak-anak menyukai keberadaan guru di dalam kelas. Karena anak-anak usia dini memerlukan kenyamanan belajar terutama dengan kenyamanan dengan guru. Umumnya guru yang biasanya mengajar di SD, SMP maupun SMA akan mengalami kesulitan ketika diminta mengajar sekolah tingkat PAUD ataupun TK.

Hal ini dikarenakan dinamika anak PAUD dan TK sangat banyak. Terutama tingkah laku anak-anak yang masih taraf belajar sambil bermain. Oleh karena itu agar menjadi guru PAUD yang disukai anak-anak dibutuhkan kreatifitas dan pembawaan mengajar yang harus menyenangkan. Maklumlah karena anak-anak masih sangat terpengaruh dengan lingkungan keluarga, yang mana lingkungan keluarga dengan lingkungan sekolah bisa saja sangat berbeda.

Berikut beberapa tips menjadi guru yang handal dan disukai anak-anak di dalam kelas: 

1. Harus memahami kemampuan dan kondisi anak-anak
Perlu disadari bahwa para anak-anak PAUD memiliki kemampuan, kebutuhan, dan kebiasaan yang berbeda-beda. Tugas pertama yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi dari kemampuan dan kondisi masing-masing anak. Tidak dianjurkan para guru untuk membanding-bandingkan anak yang satu dengan anak yang lain. Dengan pengidentifikasian ini maka kita akan mengenal karakter anak. Dengan memahami hal ini maka kita akan bisa melakukan pendekatan kepada anak-anak dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan karakter dan kemampuan anak. Untuk membantu lebih mengenal dengan anak maka menjalin komunikasi dengan orang tua harus dilakukan. Tanyakan tentang kondisi si anak tersebut kepada orang tuanya.

2. Ciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman
Banyak hal yang bisa dilakukan agar kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan. Yang terpenting adalah jangan memarahi anak ketika anak membuat kesalahan. Biarkan anak untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah mereka lakukan.

3. Sabar dan telaten
Anak-anak usia dini memang memiliki pola belajar yang berbeda bila dibandingkan dengan anak-anak SMP maupun SMA. Mengajar PAUD diperlukan kesabaran lebih karena memang anak-anak yang masih senang bermain bila dibandingkan dengan belajar. Hindari sikap kasar kepada anak dan jalinlah ikatan positif agar anak tetap nyaman bersama kita.

4. Berikan yang terbaik
Jadilah guru yang profesional. Bedakan antara permasalahan di rumah dengan permasalahan di sekolah. Pastikan bahwa kita memiliki kesiapan untuk mengajar. Maka dari itu persiapkan secara baik materi yang akan disampaikan jauh-jauh hari agar pikiran kita bisa lebih siap untuk mengajar.

5. Tambah wawasan dan pengetahuan
Salah satu hal yang paling disuka anak-anak adalah cara pengajaran yang menyenangkan dan tidak monoton. Kegiatan belajar mengajar yang monoton akan membuat anak-anak cepat bosan hingga akhirnya anak-anak akan lebih senang beraktifitas sendiri-sendiri. Untuk mengantisipasi hal ini maka kita harus lebih kreatif.

Menjadi guru yang disuka anak-anak memang memerlukan waktu dan proses. Banyaklah belajar dari pengalaman dan senantiasa eveluasilah hal yang sudah kita berikan baik itu untuk sekolah ataupun anak-anak. Tidak ada hal-hal yang sia-sia karena setiap kebaikan pasti akan mendapatkan balasan entah itu besar ataupun kecil.

Jadilah guru yang disenangi dan disukai anak-anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)
 - See more at: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/ini-dia-tips-efektif-menjadi-guru-paud-yang-handal.html#sthash.eFdj4bdZ.dpuf