Informasi kepada Pengunjung setia di www.ra-miftahul-jannah.sch.id, mulai Hari Kamis, 13 Oktober 2016 Pukul 05.45 WIB, alamat blog www.ra-miftahul-jannah.sch.id telah pindah alamat di

www.khadhlah.blogspot.co.id

Terimakasih dan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini

. What do you think ?: CONTOH-CONTOH KALIMAT DESKRIPSI UNTUK PENILAIAN DI TK / RA / BA (PAUD FORMAL)

CONTOH-CONTOH KALIMAT DESKRIPSI UNTUK PENILAIAN DI TK / RA / BA (PAUD FORMAL)

Saya membuat sebuah catatan penting tentang contoh memberikan peniaian di TK/RA/BA yang biasa di tuliskan di raport anak didik berupa narasi dan saya sering mendengar banyak yang kesulitan mencari kata-kata khususnya guru/pendidik pada era sekarang. Ini saya ambil contoh dari pemerintah tahun 1995/1996 yang di edarkan kepada sekolah-sekolah TK/RA/BA dalam pengisian Raport/Laporan Hasil Belajar anak didik. Berhubung ini contoh kurikulum lama yaitu tahun 1995/1996, maka tinggal diganti dengan pengembangan yang terbaru menurut kurikulum yang terbaru yang mana ada perubahan yaitu kognitif, Fismot dsb.

CATATAN :
Sebelum alinea penjelasan secara rinci sepeti contoh di bawah ini, terlebih dahulu dilaporkan perkembangan anak secara umum untuk tiap-tiap kelompok program pengembangkan.

Misalnya :
A. Pembentukan Perilaku
- Pada umumnya perilaku anak sehari-hari sudah baik.. atau
- Pada umumnya perilaku anak sehari-hari yang meliputi : Moral Pancasila, Agama, Perasaan/Emosi dan Kemampuan Bermasyarakat sudah baik.
(Baru masuk pada alinea penjelasan secara rinci yaitu hal-hal yang menonjol dan yang kurang).

B. Kemampuan Dasar
- Pada umumnya kemampuan dasar anak yang meliputi : kemampuan Berbahasa, daya Pikir, Daya Cipta, Keterampilan dan Jasmani sudah baik.
(Baru masuk pada alinea penjelasan secara rinci yaitu hal-hal yang menonjol dan yang kurang).

A. PROGRAM PENGEMBANGAN PEMBENTUKAN PERILAKU
1. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam hal tenggang rasa terhadap teman dan tanggungjawab terhadap tugas, namun perlu latihan untuk membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
2. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam hal bergotongroyong, tolong-menolong, tetapi perlu latihan dalam mengurus diri sendiri.
3. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam mengerjakan tugas yang diberikan, akan tetapi masih perlu latihan disiplin.
4. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam menolong diri sendiri, melakukan tugas yang diberikan, namun perlu bimbingan untuk bergantian dalam menggunakan alat.
5. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam bedoa, melaksanakan tugas yang diberikan, namun perlu latihan disiplin terutama untuk menyimpan, membereskan kembali mainan yang baru digunakan.
6. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam mengikuti peraturan, tolong-menolong, namun perlu bimbingan dan latihan dalam pengendalian emosi.
7. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam hal tenggang rasa, mentaati peraturan, tolong-menolong, namun perlu latihan untuk keberanian diri.
8. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam hal sopan santun, gotong-royong dan tenggangrasa, namun perlu latihan untuk mengurus diri sendiri.
9. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam bedoa, mengucapkan salam, dan rasa ingin tahu, namun perlu latihan dalam mengendalikan emosi.
10. Anak mempunyai kebiasaan yang sangat baik dalam tanggungjawab, tolong-menolong, namun perlu latihan dalam memusatkan perhatian dalam jangka waktu tertentu.

B. PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DASAR
1. Anak mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mengelompokkan, menunjukkan dan menyebutkan benda-benda namun perlu latihan dalam meloncat dan naik turun papan titian.
2. Anak mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam menceritakan kembali isi cerita sederhana, mengurutkan gambar, akan tetapi perlu latihan dalam membilang (mengenal konsep bilangan).
3. Anak mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam membedakan bermacam-macam benda, rasa, bau atau suara, namun masih perlu latihan menggambar.
4. Anak mempunyai kemampuan yang sangat bail dalam hal bicara lancar dengan kalimat sederhana, memberikan keterangan/informasi tentang sesuatu hal, namun masih perlu latihan dalam menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan.
5. Anak mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam merayap, merangkak dengan berbagai variasi, mencontoh bentuk silang, menciptakan bermacam-macam bentuk bangunan, namun perlu latihan dalam berceita.
6. Anak mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam membilang dengan benda-benda dan mengikuti 2-3 perintah, namun menarik garis datar, tegak dan melakukan lari berjingkat, angkat tumit masih perlu latihan.
7. Anak mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam membilang dan mengenal bilangan dari 1-10
dan seterusnya.

Contoh Pengisian raport Deskripsi :

PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK DIDIK

A. Uraian Program Pengembangan Pembentukan Perilaku
- Pada umumnya perilaku anak sehari-hari sudah baik.
- Sopan santun, tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan, tenggangrasa terhadap orang lain, memelihara milk sendiri sangat baik, namun dalam pengendalian emosi, menjaga keamanan diri, sikap berdo'a dan memusatkan perhatian dalam waktu tertentu perlu pembinaan, bimbingan dan latihan.

B. Uraian Program Pengembangan Kemampuan Dasar
1. Kemampuan Berbahasa 
- Pada umumnya kemampuan berbahasa anak sudah baik.
- Bicara lancar dengan kalimat sederhana, mengenal kata-kata yang menunjukkan posisi, mengucapkan beberapa sajak sederhana, menyanyikan beberapa lagu anak-anak sangat baik akan tetapi perlu bimbingan dan latihan dalam mengenal suara huruf awal dari kata yang berarti dan menceritakan kembali isi cerita sederhana yang sudah diceritakan oleh guru.

2. Daya Pikir
- Pada umumnya daya pikir anak sudah baik.
- Mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan, mengenal alat untuk mengukur, menunjukkan kejanggalan suatu gambar, membedakan bermacam-macam rasa, bau atau suara sangat baik namun demikian dalam mengelompokkan bentuk geometri dan menggunakan konsep waktu memerlukan latihan dan bimbingan.

3. Daya Cipta
- Pada umumnya daya cipta anak sudah baik.
- Menceritakan gambar yang telah disediakan, mengekspresikan diri melalui dramatisasi, menciptakan berbagai bentuk menggunakan benda sesuai dengan konsep bilangan, menggambar bebas dan melukis dengan jari sangat baik tetapi dalam membatik dan jumputan, menari dan pantomim perlu bimbingan dan latihan yang banyak.

4. Keterampilan 
- Pada umumnya keterampilan motorik halus anak sudah baik.
- Menulis angka 1-5, menggambar orang dengan bagian-bagiannya, dan mewarnai bentuk gambar sederhana sangat baik akan tetapi memerlukan latihan dalam menggunting kertas mengikuti bentuk zig zag dan bentuk lingkaran.

5. Jasmani
- Pada umumnya keterampian motorik kasar anak sudah baik.
- Melompat dengan menggunakan satu kaki dan melompat dengan ketinggian 20-30 cm sangat baik namun dalam berjalan di atas papan titian dengan membawa cangkir dan tiap langkah diselingi jongkok memelukan bimbingan dan latihan.