LAPORAN
PENELITIAN DAN ANALISIS
PENGEMBANGAN
FISIK MOTORIK PADA ANAK USIA DINI
MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK
DI
RA ............................ KECAMATAN .....................KABUPATEN .................
Laporan ini disusun untuk memenuhi
Tugas Mata Kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD 4504) Program S1 PGPAUD FKIP Universitas Terbuka
DISUSUN
OLEH :
NAMA :
NIM :
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT
PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS
TERBUKA
PURWOKERTO
2014
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini disusun untuk diajukan
memenuhi tugas mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia
Dini pada program Strata 1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.
Nama :
NIM :
Tempat
Penelitian :
Waktu
Pelaksanaan : Senin,
12 Mei 2014
Kelas
Penelitian : Bermain Balok
Telah
diterima dan disahkan sebagai syarat untuk memenuhi
Tugas mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD 4504) Program S1 PGPAUD FKIP Universitas Terbuka.
Tutor
......................
NIP. ............................
|
.....................,
Mei 2014
Peneliti
................
NIM.
......................
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur, Alhamdulillah kehadirat
Alloh SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya. Sholawat dan salam beriring salam
semoga senantiasa terlimpah curah kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW
atas perkenan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Analisis
Penelitian Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini pada RA.................... Kecamatan ...................Kabupaten .................... Penyusunan ini
didasarkan pada mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.
Di Universitas Terbuka mata kuliah
Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD 4504) wajib diikuti oleh seluruh
Mahasiswa program S1 PGPAUD. Dengan Analisis Pengembangan Kegiatan Anak Usia
Dini mahasiswa diharapkan mampu melakukan penelitian kelas secara sederhana
dengan observasi, wawancara, pengumpulan dokumen serta menganalisis hasil
penelitian tersebut dengan kerangka keilmuan PAUD yang dimilikinya.
Selanjutnya penulis menyusun Laporan
Analisis Penelitian Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini untuk memenuhi tugas
mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini yang
dilakukan di Raudhatul Athfal (RA) ................... Kecamatan ...................Kabupaten .................... Akhirnya laporan ini dapat disusun berkat bimbingan, motivasi dan
bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih
kepada :
1. Pembimbing yang telah banyak
membantu dan membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan analisis ini.
2. Pengelola Pokjar Banyumas.
3. Pengelola dan Para Pendidik Raudhatul
Athfal (RA) ................... Kecamatan ...................Kabupaten ....................
4. Ayah dan Ibu tercinta yang telah
banyak memberi semangat dan bantuan baik moril maupun materiil.
5. Rekan-rekan guru maupun mahasiswa
yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Pada kesempatan ini peneliti
sangatlah menyadari dalam menyusun laporan ini masih jauh dari sempurna. Hal
ini semua karena keterbatasan ilmu yang penulis miliki. Untuk itu saran dan
kritik yang membangun penulis harapkan demi kesempatan laporan di masa yang
akan datang.
Akhirnya penulis berharap semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan.
..................., Mei 2014
Penulis
...................
NIM. ...................
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL........................................................................................ i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN............................................... ii
KATA PENGANTAR.................................................................................. iii
KATA PENGANTAR.................................................................................. iii
DAFTAR ISI................................................................................................. v
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................ vi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................... 1
B. Fokus Penelitian............................................................................ 2
C. Tujuan Penelitian........................................................................... 2
D. Manfaat Penelitian......................................................................... 3
A. Latar Belakang Masalah............................................................... 1
B. Fokus Penelitian............................................................................ 2
C. Tujuan Penelitian........................................................................... 2
D. Manfaat Penelitian......................................................................... 3
BAB II LANDASAN TEORI
A. Perkembangan Motorik Anak....................................................... 4
B. Pengertian Bermain Balok............................................................ 6
C. Manfaat Bermain Balok Bagi Perkembangan Anak................ 8
D. Medium dan Bahan Baku Balok.................................................. 9
A. Perkembangan Motorik Anak....................................................... 4
B. Pengertian Bermain Balok............................................................ 6
C. Manfaat Bermain Balok Bagi Perkembangan Anak................ 8
D. Medium dan Bahan Baku Balok.................................................. 9
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
A. Subjek Penelitian......................................................................... 10
B. Metode Penelitian................................................................... .... 10
C. Instrumen Penelitian.............................................................. .... 10
A. Subjek Penelitian......................................................................... 10
B. Metode Penelitian................................................................... .... 10
C. Instrumen Penelitian.............................................................. .... 10
BAB IV TABULASI DATA
A. Tabulasi Data................................................................................ 12
B. Hasil Analisis.......................................................................... .... 15
C. Analisis Kritis......................................................................... .... 16
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan................................................................................. 17
B. Saran............................................................................................. 17
A. Tabulasi Data................................................................................ 12
B. Hasil Analisis.......................................................................... .... 15
C. Analisis Kritis......................................................................... .... 16
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan................................................................................. 17
B. Saran............................................................................................. 17
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran
A : Instrumen Wawancara
1. Instrumen Wawancara dengan Pendidik
4
2. Instrumen Wawancara dengan Pimpinan
3
Lampiran
B : Instrumen Hasil Wawancara
1. Instrumen Hasil Wawancara dengan
Pendidik 4
2. Instrumen Hasil Wawancara dengan
Pimpinan 3
Lampiran C : Dokumentasi
4