Nama : MEI SARI’AH
NIM : 819109253
Mata Kuliah : Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini
Tugas Pengamatan Individual Pada Salah Satu Siswa
HARI/TANGGA : RABU, 5 NOPEMBER 2013
NAMA ANAK : ……………….
SEBELUM SEKOLAH :
Anak tersebut berangkat ke sekolah dengan di antar oleh orang tuanya karena jarak rumahnya ke sekolah sangat jauh yaitu 2 km. Anak tersebut termasuk disiplin karena selalu berangkat lebih awal di banding teman-temannya yang lain walaupun rumahnya paling jauh di antara teman-teman yang lainnya. Sebelum di tinggal, anak tersebut pamitan dan bersalaman dengan orang tua dan ibu gurunya.
PERKEMBANGAN BAHASA :
Perkembangan bahasa anak tersebut belum berkembang rata-rata. Karena pada saat pelajaran menghafalkan lagu Bismillah anak tersebut bisa mengikuti nya walaupun belum begitu sempurna.
PERKEMBANGAN MOTORIK :
Motorik anak tersebut sudah berkembang sesuai dengan tingkat usianya yang sudah mencapai lebih dari 5 tahun karena kegiatan sehari-harinya sangat aktif bermain yang dapat mengembangkan perkembangan motorik kasarnya. Antara lain : Ayunan, bergelantungan di tangga dsb.
PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL :
Perkembangan sosial emosional anak tersebut belum maksimal. Masih mudah mengeluh ketika di beri tugas-tugas oleh guru dan mudah mengeluh ketika anak tersebut disuruh maju ke depan.
PERKEMBANGAN KOGNITIF :
Perkembangan kognitif anak belum berkembang dengan baik. Mungkin karena anak tersebut belum memahami konsep angka dengan baik.
PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL :
Perkembangan nilai-nilai agama dan moral sudah baik. Dapat melakukan gerakan sholat dengan baik, dapat berdoa dengan baik dsb.
PULANG SEKOLAH :
Anak tersebut ketika sekolah sudah akan usai, mengikuti aturan dengan baik. Antara lain, berdoa dengan baik, berbaris dengan baik dan mau mengantri di barisan.