Sumber : Modul Kurikulum
PAUD Universitas Terbuka 2012 Hal. 2.16
Dunia
pendidikan anak usia dini dipelopori oleh beberapa tokoh yang memperhatikan dan
mempelajari tentang anak. Tokoh-tokoh tersebut mengembangkan berbagai teori
tang digunakan sebagai acuan pendidikan anak hingga kini di Indonesia atau
bahkan diseluruh dunia. Tokoh-tokoh tersebut adalah sebagai berikut :
1. MARTIN
LUTHER (1483-1546)
Martin Luther menekankan pada anak agar
menggunakan sekolah sebagai sarana untuk mengajar anak MEMBACA.
2. JOHN
AMOS COMENIUS (1592-1670)
Pendidikan yang berlangsung harus
mengikuti perkembangan anak yang memberi kesempatan pada anak untuk menggunakan
seluruh INDRANYA.
3. JOHN
LOEKE (1632-1704)
Pencetus teori “Tabula Rasa” yang
menganggap bahwa anak sebagai kertas putih atau tablet yang kosong. Anak hidup
dalam lingkungannya yang sangat berpengaruh dalam proses pembentukan seorang
anak. Pengalaman-pengalaman yang dilalui anak bersama lingkungannya akan
menentukan karakter anak. John Locke sangat mempercayai bahwa untuk mendapatkan
pembelajaran dari lingkungannya, maka satu-satunya cara bagi anak adalah
mendapatkan PELATIHAN-PELATIHAN SENSORIS.
4. J.J.
ROUSSEAU (1712-1778)
Anak kembali ke alam dan membelajarkan
anak lewat ALAM (NATURALISM).
5. PESTALOZZI
(1746-1827)
Menekankan pada PENGAMATAN ALAM,
MENUMBUHKAN KEAKTIFAN JIWA RAGA ANAK, PEMBELAJARAN SECARA SISTEMATIS DAN
TERATUR SETINGKAT DEMI SETINGKAT.
6. FRIEDERICH
WILHEM FROEBEL (1782-1852)
- Pengembangan OTOAKTIFITAS (aktif dalam kegiatan yang produktif)
- Kebebasan/suasana merdeka
- Pengamatn dan peragaan
7. JOHN
DEWEY (1859-1952)
Beraliran progressivism. Lebih
menekankan minat anak daripada topik
pembahasan. Penyusunan kurikulum berpusat pada anak.
8. MARIA
MONTESSORI (1870-1952)
Maria Montessori adalah seorang dokter
wanita Italia pertama. Dia berinteraksi langsung dengan masalah cacat mental. Prinsip-prinsipnya :
Menghargai anak, pemikiran yang cepat menyerap, masa peka, lingkungan yang
disiapkan, pendidikan diri sendiri.
9. JEAN
PIAGET (1896-1980)
Pendekatan belajar menggunakan TEORI KOGNITIF. Manusia supaya belajar
dengan menggunakan intelektualnya dari lahir sampai seterusnya.
10. HOWARD GARDNER (1943-1998)
Teori Howard Gardner muncul di jaman
sekarang kita ini. Kecerdasan bukan hanya dipandang dari faktor IQ. Macam-macam
kecerdasan menurut Gardner :
- Kecerdasan Bahasa
- Kecerdasan Logika
- Kecerdasan Musik
- Kecerdasan Gerak/Kinestetik
- Kecerdasan Gambar/Spasial
- Kecerdasan Diri/Intrapersonal
- Kecerdasan Bergaul/interpersonal
- Kecerdasan Alami/naturalist
- Kecerdasan Rohani/Spiritual
Jadi,
Gardner memandang bahwa setiap anak memiliki peluang untuk belajar dengan gaya
masing-masing anak.
11. KI HAJAR DEWANTORO
Belajar Anak Usia Dini Melalui PERMAINAN. Permainan
sangat bermanfaat bagi tumbuhnya budi pekerti, sosial emosional, disiplin diri
ketertiban, kesetiaan dan kemampuan berfikir. Permainan anak-anak Indonesia
mempunyai corak yang beragam dan istimewa karena dilakukan dengan NYANYIAN. PERMAINAN TRADISIONAL yang sering
dilakukan anak-anak Indonesia tersebut mengembangkan kemampuan matematika,
jasmani, keberanian, motorik halus, cekatan dan disiplin.