Informasi kepada Pengunjung setia di www.ra-miftahul-jannah.sch.id, mulai Hari Kamis, 13 Oktober 2016 Pukul 05.45 WIB, alamat blog www.ra-miftahul-jannah.sch.id telah pindah alamat di

www.khadhlah.blogspot.co.id

Terimakasih dan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini

. What do you think ?: Laporan Penelitian dan Analisis di TPA (Daftar Pustaka, Lampiran, Dokumentasi)

Laporan Penelitian dan Analisis di TPA (Daftar Pustaka, Lampiran, Dokumentasi)

DAFTAR PUSTAKA
Asmawati Luluk, dkk. 2008. Pengolahan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.Jakarta : Universitas Terbuka.
B.E.F. Montolalu, dkk. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Bambang Sujiono, dkk. 2010. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
LAMPIRAN A
INSTRUMEN WAWANCARA
1. Instrumen Wawancara Dengan Pendidik.
2. Instrumen Wawancara Dengan Pimpinan.
INSTRUMEN WAWANCARA DENGAN PENDIDIK
1. Usia berapakah peserta didik yang diterima di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ini?
2. Media dan metode apa yang diterapkan/digunakan untuk mendukung kegiatan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ini?
3. Siapakah yang menyusun/merancang kegiatan-kegiatan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ini?
4. Mengapa di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ini ada 2 (dua) ruangan khusus?
INSTRUMEN WAWANCARA DENGAN PIMPINAN
1. Apa keistimewaan yang dimiliki oleh TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas?
2. Mengapa terdapat 2 (dua) ruangan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas?
3. Apa yang menjadi alasan anak yang berkebutuhan khusus diterima menjadi peserta didik di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas?
LAMPIRAN B
INSTRUMEN HASIL WAWANCARA
1. Instrumen Hasil Wawancara Dengan Pendidik.
2. Instrumen Hasil Wawancara Dengan Pimpinan.
HASIL WAWANCARA DENGAN PENDIDIK
1. TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas menerima peserta didik dengan usia antara 2 sampai 3 tahun.
2. Media jarit di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas untuk bermain boneka. Anak dilatih membuat mainan dengan jarit menjadi bentuk boneka. Anak menjadi tahu bahwa untuk bermain boneka tidak hanya bisa pakai boneka di toko, tapi jaritpun bisa untuk dibuat boneka.
3. Penyusunan program kegiatan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas dibuat setiap bulan dengan tema mengacu buku Panduan ADITUKA (Asuhan Dini Tumbuh Kembang Anak) dan sumber lain agar pembelajaran lancar dan pengetahuan serta wawasan bertambah.
4. TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas menerima peserta didik berkebutuhan khusus dengan alasan untuk memberikan pelayanan minimal agar mereka dapat bergaul dengan teman sebayanya walaupun ada kekurangan. Ada tenaga pendidik khusus yang menangani peserta didik berkebutuhan khusus ini. Tidak semua guru bisa menanganinya.
HASIL WAWANCARA DENGAN PIMPINAN
1. Melalui kegiatan bermain dengan media jarit diharapkan dapat mengembangkan kreativitas anak dan dapat melatih kerja sama dengan temannya. Ada juga program pemenuhan gizi anak yang sangat kami perhatikan karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak.
2. Di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ada 2 (dua) ruangan khusus bertujuan agar anak dapat melaksanakan kegiatan dengan aman, nyaman dan menyenangkan tanpa merasa terganggu dengan proses kegiatan anak berkebutuhan khusus di ruangan.
3. Alasan TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas menerima anak berkebutuhan khusus adalah agar mereka dapat bergaul dengan teman sebayanya walaupun ada kekurangan. Penanganannya kami lakukan dengan terapi secara rutin. DOKUMENTASI