Informasi kepada Pengunjung setia di www.ra-miftahul-jannah.sch.id, mulai Hari Kamis, 13 Oktober 2016 Pukul 05.45 WIB, alamat blog www.ra-miftahul-jannah.sch.id telah pindah alamat di

www.khadhlah.blogspot.co.id

Terimakasih dan mohon maaf atas ketidaknyamanan ini

. What do you think ?: 05/20/14

Contoh soal Tugas Akhir Program (TAP) S1 PAUD UT

Modul : Tugas Akhir Program (TAP) Semester 9 S-1 PGPAUD 
Nama :  
NIM :   
TUGAS KE-1 
MEMBUAT ILUSTRASI PEMBELAJARAN DI TK MASING-MASING 

Hari ini, Sabtu tanggal 5 April 2014, Bu ...................seorang guru TK/RA/BA................... sedang bersama anak-anak memulai kegiatan di kelas. Bu Nur telah merencanakan kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan anak dalam menuliskan beberapa kata sederhana yaitu menulis namanya sendiri dan menulis nama-nama hari. Kegiatan tersebut sudah menjadi pembiasaan rutin di kelas dan dilaksanakan setiap hari agar anak-anak dapat mengenal huruf secara sederhana dan disukainya karena menulis namanya sendiri adalah hal yang paling disukai anak didik Bu Nur serta menuliskan nama-nama hari sesuai hari itu adalah pembiasaan rutin. Sehingga anak-anak dapat mengenal nama-nama hari dan menghafalkannya setiap hari baik secara lisan maupun tertulis. Tema kegiatan yang sudah disusun oleh Bu Nur pada hari itu adalah Pekerjaan dengan lagu favoritnya berjudul TUKANG KAYU. Setelah Bu Nur melaksanakan segala pembiasaan rutin mulai dari sebelum anak-anak masuk kedalam kelas sampai dengan kegiatan pembukaan yang juga delalu di isi dengan kegiatan pembiasaan rutin, kemudian Bu Nur mengabsen anak didiknya dan tampak hadir semua. Setelah mengabsen, Bu Nur mengajak anak-anak untuk menceritakan kegiatan nya dipagi hari sebelum anak-anak berangkat sekolah (bangun tidur, sarapan, mandi dsb) sampai anak-anak sampai di sekolah. Tiba-tiba ada anak didik yang nyeletuk bernama Aliefah : Bu Guru, aku bisa bermain tepuk. Kemudian anak tersebut maju kedepan dan memperagakan tepuk yang dikenalnya di luar materi dari RKH. Anak tersebut dengan semangatnya dan percaya diri maju kedepan dan Bu Nur pun dengan senang hati menghargai keberanian anak tersebut dan kemudian anak tersebut memperagakan. Namanya : TEPUK BADUT. Prok3x Hidung tomat … Prok3x … Rambut Kriting … Geal-geol … Prok3x … Megal-megol … 3x Perut Genduuut … Prok3x … Kamu Baduuuuut … Semua nya tertawa. Dan kegiatan hari itu tidak seperti dalam Rencana Kegiatan Harian yang sudah di susun sebelumnya, karena ada anak yang memiliki materi yang sesuai dengan Tema pada hari tersebut. Kemudian Bu Nur mengajak semua siswa untuk bermain tepuk Badut. Setelah itu baru melaksanakan kegiatan inti yang terdiri dari tiga kegiatan. Sesudah kegiatan inti, anak-anak beristirahat selama 30 menit dan kemudian anak-anak melaksanakan kegiatan akhir kemudian anak-anak pulang kerumah masing-masing merupakan kegiatan rutin sehari-hari setelah usai sekolah. Pertanyaan : 
1. Menurut Anda, tepatkah strategi pembelajaran yang dipilih dan dilaksanakan oleh Bu Nur tadi untuk mengembangkan kemampuan anak dalam menulis beberapa kata sederhana ? Jelaskan jawaban Anda. 
2. Jelaskan 2 kekurangan atau 2 kelebihan strategi kegiatan yang digunakan oleh Bu Nur dikelasnya, jika dikaitkan dengan kemampuan utama yang akan dicapai anak-anak pada hari tersebut. 
3. Jika dilihat dari tema yang dipilih oleh Bu Nur, apakah kegiatan yang dilakukan oleh Bu Nur sudah sesuai dengan tema ? Jelaskan jawaban Anda. 
4. Jika Anda menjadi Bu Nur, bagaimana Anda menyusun kegiatan yang sesuai dengan tema dan kemampuan yang akan dicapai anak? 
5. Untuk memperbaiki kegiatan pengembangan yang dilakukan oleh Bu Nur, buatlah rencana Penelitian Tindakan kelas (PTK) untuk 1 siklus kegiatan yang meliputi identifikasi masalah, analisis masalah, perumusan masalah, tujuan perbaikan, dan rencana kegiatan (SKM). Kemudian, buatlah SKH dan skenario perbaikan untuk 1 hari (hari pertama saja).

Laporan Penelitian dan Analisis di TPA (Daftar Pustaka, Lampiran, Dokumentasi)

DAFTAR PUSTAKA
Asmawati Luluk, dkk. 2008. Pengolahan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.Jakarta : Universitas Terbuka.
B.E.F. Montolalu, dkk. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
Bambang Sujiono, dkk. 2010. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
LAMPIRAN A
INSTRUMEN WAWANCARA
1. Instrumen Wawancara Dengan Pendidik.
2. Instrumen Wawancara Dengan Pimpinan.
INSTRUMEN WAWANCARA DENGAN PENDIDIK
1. Usia berapakah peserta didik yang diterima di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ini?
2. Media dan metode apa yang diterapkan/digunakan untuk mendukung kegiatan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ini?
3. Siapakah yang menyusun/merancang kegiatan-kegiatan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ini?
4. Mengapa di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ini ada 2 (dua) ruangan khusus?
INSTRUMEN WAWANCARA DENGAN PIMPINAN
1. Apa keistimewaan yang dimiliki oleh TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas?
2. Mengapa terdapat 2 (dua) ruangan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas?
3. Apa yang menjadi alasan anak yang berkebutuhan khusus diterima menjadi peserta didik di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas?
LAMPIRAN B
INSTRUMEN HASIL WAWANCARA
1. Instrumen Hasil Wawancara Dengan Pendidik.
2. Instrumen Hasil Wawancara Dengan Pimpinan.
HASIL WAWANCARA DENGAN PENDIDIK
1. TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas menerima peserta didik dengan usia antara 2 sampai 3 tahun.
2. Media jarit di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas untuk bermain boneka. Anak dilatih membuat mainan dengan jarit menjadi bentuk boneka. Anak menjadi tahu bahwa untuk bermain boneka tidak hanya bisa pakai boneka di toko, tapi jaritpun bisa untuk dibuat boneka.
3. Penyusunan program kegiatan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas dibuat setiap bulan dengan tema mengacu buku Panduan ADITUKA (Asuhan Dini Tumbuh Kembang Anak) dan sumber lain agar pembelajaran lancar dan pengetahuan serta wawasan bertambah.
4. TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas menerima peserta didik berkebutuhan khusus dengan alasan untuk memberikan pelayanan minimal agar mereka dapat bergaul dengan teman sebayanya walaupun ada kekurangan. Ada tenaga pendidik khusus yang menangani peserta didik berkebutuhan khusus ini. Tidak semua guru bisa menanganinya.
HASIL WAWANCARA DENGAN PIMPINAN
1. Melalui kegiatan bermain dengan media jarit diharapkan dapat mengembangkan kreativitas anak dan dapat melatih kerja sama dengan temannya. Ada juga program pemenuhan gizi anak yang sangat kami perhatikan karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak.
2. Di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas ada 2 (dua) ruangan khusus bertujuan agar anak dapat melaksanakan kegiatan dengan aman, nyaman dan menyenangkan tanpa merasa terganggu dengan proses kegiatan anak berkebutuhan khusus di ruangan.
3. Alasan TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas menerima anak berkebutuhan khusus adalah agar mereka dapat bergaul dengan teman sebayanya walaupun ada kekurangan. Penanganannya kami lakukan dengan terapi secara rutin. DOKUMENTASI

Laporan Penelitian dan Analisis di TPA/Taman Penitipan Anak (Bab 1-5)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Taman Penitipan Anak (Child Care Centre) merupakan wahana asuhan kesejahteraan sosial yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya berhalangan atau tidak punya waktu dalam memberikan pelayanan kebutuhan pada anaknya.

TPA Kasih Ibu Kejawar beralamat di Desa Kejawar Kabupaten Banyumas. Pendirian TPA Kasih Ibu merupakan realisasi dari program pendidikan anak usia dini yang menggalakan TPA sebagai salah satu bentuk pelayanan pendidikan anak usia dini dan masyarakat.
Pengurus TPA Kasih Ibu mempunyai perhatian besar terhadap pendidikan anak usia dini sehingga mempunyai inisiatif untuk mendirikan Taman Penitipan Anak. Selain dengan menggunakan menu generik, pemenuhan gizi anak dan pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus.

TPA Kasih Ibu Kejawar mempunyai visi dan misi sebagai berikut :
Visi : Membentuk generasi yang berkualitas, betumpu pada tumbuh kembang anak melalui bermain yang sesuai dengan usia perkembangan anak.
Misi :
1. Menanamkan nilai moral agama dengan kegiatan pembiasaan, menghafal doa-doa harian, melakukan praktek sholat dan wudhu dan menghafal suratan pendek disesuaikan dengan usia perkembangan anak.
2. Berupaya mengembangkan perkembangan sosial dan emosional anak sesuai dengan usia perkembangan anak.
3. Berupaya menanamkan kreatifitas dan kemandirian anak sesuai dengan usia perkembangan anak.
4. Menanamkan budi pekerti luhur, disiplin, tanggungjawab dan suka bekerja sesuai dengan usia pekembangan anak.

Program S1 PGPAUD Universitas Terbuka menargetkan lulusan menjadi tenaga pendidik PAUD profesional yaitu yang dapat mengembangkan program PAUD dan membuat inovasi-inovasi. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa adalah Analisis Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam rangka memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut maka telah dilakukan penelitian di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas yang bertujuan mengumpulkan data mengenai kegiatan-kegiatan anak yang dianggap perlu diteliti lebih lanjut untuk selanjutnya dianalisis secara kritis. Terpenuhinya hak anak di bidang pendidikan dan pengasuhan serta kesejahteraan sosial sehingga tumbuh dan berkembang kecerdasannya secara optimal.

B. Fokus Penelitian

Setelah diadakan observasi di salah satu ruang kelas Taman Penitipan Anak (TPA) Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas maka penelitian ini difokuskan pada salah satu kegiatan anak yaitu kegiatan "Bermain Boneka Menggunakan Media Jarit".

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan :
1. Mengumpulkan data mengenai :
a. Alasan pendidik melakukan kegiatan "Bermain Boneka Jarit".
b. Tujuan pendidik melakukan kegiatan tersebut.
c. Kebijakan yang mendukung pendidik melakukan kegiatan tersebut.
2. Membuat analisis kritis (critical analysis) mengenai kegiatan tersebut.

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini bermanfaat untuk :
1. Memberi masukan terhadap kegiatan pengembangan anak di Taman Penitipan Anak (TPA) Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas.
2. Melatih mahasiswa melakukan tindakan kelas.
3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis suatu kegiatan anak di lembaga PAUD.

BAB II
LANDASAN TEORI

A. Perkembangan Motorik Anak

Perkembangan motorik erat kaitannya dengan pekembangan motorik di otak. Oleh sebab itu, setiap gerakan yang dilakukan anak sesederhana apa pun, sebenarnya merupakan hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem dalam tubuh yang dikontrol otak. Jadi, otaklah yang berfungsi sebagai bagian dari susunan syaraf yang mengatur dan mengontrol semua aktivitas fisik dan mental seseorang.

Aktivitas anak terjadi dibawah kontrol otak. Secara simultan dan berkesinambungan, otak terus mengolah informasi yang ia terima. Bersamaan dengan itu, otak bersama jaringan syaraf yang membentuk sistem syaraf pusat yang mencakup lima pusat kontrol, akan mendiktekan setiap gerak anak. Dalam kaitannya dengan perkembangan motorik anak, perkembangan motorik berhubungan dengan perkembangan kemampuan gerak anak. Gerak merupakan unsur utama dalam pengembangan motorik anak. Oleh sebab itu, perkembangan kemampuan motorik anak akan dapat terlihat secara jelas melalui berbagai gerakan dan permainan yang dapat mereka lakukan.

Jika anak banyak bergerak maka akan semakin banyak manfaat yang dapat diperoleh anak ketika ia makin terampil menguasai gerakan motoriknya. Selain kondisi badan juga semakin sehat karena anak banyak bergerk, ia juga menjadi lebih percaya diri dan mandiri. Anak menjadi semakin yakin dalam mengerjakan segala kegiatan karena ia tahu akan kemampuan fisiknya. Anak-anak yang baik perkembangan motoriknya, biasanya juga mempunya keterampilan sosial positif. Mereka akan senang bermain bersama teman-temannya karena dapat mengimbangi gerak teman-teman sebayanya, seperti melompat-lompat dan berlari-larian.

Perkembangan lain yang juga berhubungan dengan kemampuan motorik anak adalah anak akan semakin cepat bereaksi, semakin baik koordinasi mata dan tangannya, dan anak semakin tangkas dalam bergerak. Dengan semakin meningkatnya rasa percaya diri anak maka anak juga akan merasa bangga jika ia dapat melakukan beberapa kegiatan.
Dalam buku Balita dan Masalah Perkembangannya (2001) secara umum ada tiga tahap perkembangan keterampilan motorik anak pada usia dini, yaitu tahap kognitif, asosiatif dan autonomous. Pada tahap kognitif anak berusaha untuk memahami keterampilan motorik serta apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan suatu gerakan tertentu. Pada tahapan ini, dengan kesadaran mentalnya anak berusaha mengembangkan strategi tertentu untuk mengingat gerakan serupa yang pernah dilakukan pada masa lalu.

Pada tahap asosiatif, anak banyak belajar dengan cara coba meralat olahan pada penampilan atau gerakan akan dikoreksi agar tidak melakukan kesalahan kembali dimasa mendatang. Tahap ini adalah perubahan strategi dari tahapan sebelumnya, yaitu dari apa yang harus dilakukan menjadi bagaimana melakukannya.

Pada tahap autonomous, gerakan yang ditampilkan anak merupakan respons yang lebih efisien dengan sedikit kesalahan. Anak sudah menampilkan gerakan secara otomatis.
Pertumbuhan fisik anak diharapkan dapat terjadi secara optimal karena secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku anak sehari-harinya. Secara langsung, petumbuhan fisik anak akan menentukan keterampilannya dalam bergerak. Misalnya, anak usia empat tahun yang bentuk tubuhnya sesuai dengan usianya, akan melakukan hal-hal yang lazim dilakukan seusianya, sepeti bemain dan begaul dengan lingkungan keluarga dan teman-temannya. Apabila ia mengalami hambatan tertentu, sepeti tubuhnya terlalu gemuk atau malas dan lemas bergerak, anak akan sulit mengikuti permainan yang dilakukan oleh teman-teman sebayanya.

Adanya kemampuan/keterampilan motorik anak juga akan menumbuhkan kreativitas dan imajinasi anak yang merupakan bagian dari perkembangan mental anak. Dengan demikian, sering pula para ahli menekankan bahwa kegiatan fisik dan juga keterampilan fisik anak akan dapat meningkatkan kemampuan intelektual anak. Gerakan yang mereka lakukan saat bermain bermanfaat untuk membuat fungsi belahan otak kanan dan otak kiri anak seimbang. Belahan otak kiri anak akan menggatur cara berpikir logis dan rasional, menganalisis, bicara serta beorientasi pada waktu dan hal-hal terperinci, sedangkan belahan otak kanan berperan mengatur hal-hal yang intuitif, bermusik, menari dan kreativitas. Berbagai permainan yang dilakukan anak akan membuat otak kiri dan otak kanan anak befungsi dengan baik. Begitu juga dengan pengembangan kemampuan motorik kasar dan motorik halus anak yang baik akan membuat anak lebih dapat mengembangkan kognitif anak dalam hal kreativitas dan imajinasinya.

Jika seorang anak sudah diberi kesempatan dan arahan serta bimbingan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halusnya maka berarti secara fisik anak diarahkan untuk menjadi semakin sehat dan hal ini sesuai dengan bunyi kalimat bijak berikut, yaitu “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kesehatan fisik seorang anak akan mempengaruhi pula kesehatan jiwanya sehingga anak akan menjadi anak yang riang, positif, dan senang melakukan berbagai aktivitas lainnya. Dengan kata lain jika keadaan fisik seseorang anak baik dan sehat ia akan dapat beaktivitas dengan baik pula. Kemampuan fisik dan mental anak yang baik nantinya mepakan dasar bagi anak untuk membangun pengetahuan yang lebih tinggi atau lebih luas lagi (Semiawan, 2003).

B. Pengertian Bermain

Para pakar sering mengatakan bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Bermain terungkap dalam berbagai bentuk apabila anak-anak sedang beraktivitas. Meeka bermain ketika bernyanyi, menggali tanah, membangun balok warna-warni atau menirukan sesuatu yang dilihat. Bermain dapat berupa bergerak, berlari, melempar bola, memanjat atau kegiatan berpikir sepeti menyusun puzzle atau mengingat kata-kata sebuah lagu. Dapat pula melakukan bermain kreatif dengan menggunakan krayon, plastisin atau tanah liat.
Dalam kehidupan anak, bermain mempunyai arti yang sangat penting. Dapat dikatakan bahwa setiap anak yang sehat selalu mempunyai dorongan untuk bermain sehingga dapat dipastikan bahwa anak yang tidak bermain-main pada umumnya dalam keadaan sakit, jasmaniah atau rohaniah.

Sejak abad ke-19 bemunculan teori tentang bermain yang dikemukakan oleh para ahli dari bebagai disiplin ilmu. Ada beberapa teori mengapa manusia bermain, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Teori Rekreasi (Schaller dan Lazarus). Menurut teori ini, dibedakan antara bermain di satu pihak dengan bekerja di lain pihak yang membutuhkan suatu keseriusan (seriousness). Apabila seseorang telah lelah bekerja maka ia memerlukan bermain untuk menghilangkan kepenatannya akibat bekerja.
2. Teori Kelebihan Energi (Herbert Spencer). Bermain dipandang sebagai penutup atau klep keselamatan pada mesin uap. Energi atau tenaga yang berlebih pada seseorang perlu dibuang atau dilepaskan melalui bermain.
3. Teori Fungsi dari Karl Groos dan Maria Montessori. Menurut teori ini bermain dimaksudkan untuk mengembangkan fungsi yang tersembunyi dalam diri seseorang individu. Contohnya, seekor anak kucing yang bermain dengan ekor induknya, sebenarnya kegiatan itu berfungsi untuk latihan menangkap tikus dalam rangka mempertahankan hidup.
4. John Huizinga (1938) seorang pakar sejarah dalam salah satu karyanya sampai pada satu kesimpulan bahwa kebutuhan bermain adalah yang membedakan manusia dari hewan, bahkan melalui permainannya itu terpantul pula kebudayaannya.
5. Patty Smit Hill (1932) memperkenalkan sebuah masa “bekerja-bermain” di mana anak-anak dengan bebasnya mengeksplorasi benda-benda serta alat-alat bermain yang ada di lingkungannya, mengambil prakarsa serta melaksanakan ide-ide mereka sendiri.
6. Susan Isaacs (1933) percaya bahwa bermain mempertinggi semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak. Ia membela hak-hak anak untuk bermain dan mengajak para orang tua untuk mendukung kegiatan bermain anak sebagai sumber belajar alami yang penting bagi anak.
7. Dewey (1938) percaya bahwa anak belajar tentang dirinya sendiri serta dunianya melalui bermain. Melalui pengalaman-pengalaman awal bermain yang bermakna menggunakan benda-benda konkret, anak mengembangkan kemampuan dan pengertian dalam memecahkan masalah, sedangkan perkembangan sosialnya meningkat melalui interaksi dengan teman sebaya dalam bermain.

C. Manfaat Bermain Boneka Bagi Perkembangan Anak

Anak memerlukan waktu yang cukup banyak untuk mengembangkan dirinya melalui bermain. Hasil penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan menyatakan bahwa bermain bagi anak-anak mempunyai arti yang sangat penting karena melalui bermain anak dapat menyalurkan segala keinginan dan kepuasan, kreativitas, dan imajinasinya. Melalui bermain anak dapat melakukan kegiatan-kegiatan fisik, belajar bergaul dengan teman sebaya, membina sikap hidup positif, mengembangkan peran sesuai jenis kelamin, menambah perbendaharaan kata, dan menyalurkan peasaan tertekan.
Jelaslah bahwa bermain boneka jarit, selain bemanfaat untuk perkembangan fisik, kognitif, sosial emosional dan moral, bermain juga mempunyai manfaat yang besar bagi pekembangan anak secara keseluruhan.

D. Medium dan Bahan Baku Boneka Jarit

Secara garis besar berkarya rupa terdiri dari dua jenis yaitu :
1. Medium konvensional
Medium konvensional artinya medium yang digunakan sesuai dengan penggunaannya seperti kertas, kanvas, hardboard dan papan.
2. Medium inkonvensional
Medium inkonvensional artinya modifikasi medium yang sesuai dengan keinginannya misalnya jarit dibentuk menjadi boneka.
Bermain Boneka Jarit inkonvensional pada prinsipnya bermain dengan cara berkreasi menggunakan peralatan dan teknik yang tak biasa. Cara kerjanya eksperimentasi/percobaan. Hasil percobaan ini bisa sekaligus menjadi karya seni untuk mengembangkan fisik motorik. Cara ini disenangi oleh anak karena sifat bermainnya lebih banyak dan anak menginterpretasikan bermacam-macam teknik.
3. Teknik bermain boneka jarit dapat disebutkan sebagai berikut :
a. Teknik menggulung jarit.
b. Teknik mengikat jarit.
c. Bermain boneka jarit sebagai media imitasi.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. Subjek Penelitian

Subjek penelitian ini adalah anak-anak, Pendidik, Pimpinan Taman Penitipan Anak (TPA) Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas.

B. Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode interpretatif yaitu menginterpretasikan data mengenai fenomena/gejala yang diteliti di lapangan.

C. Instrumen Penelitian

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini :
1. Observasi
Observasi adalah salah satu teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan informasi dengan cara mengamati perilaku anak dalam situasi tertentu. Observasi dalam penelitian dilaksanakan dalam satu kali pertemuan, selama dua jam pelajaran yaitu pada hari Senin tanggal 28 April 2014. Penelitian menggunakan teknik observasi untuk memperoleh data yang berkaitan dengan aktifitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung melalui kegiatan Bermain Boneka Jarit.
2. Wawancara
Wawancara adalah salah satu teknik pengumpulan data yang bisa digunakan untuk menggali informasi lebih mendalam mengenai fokus penelitian. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pendidik dan Pimpinan Sekolah untuk memperoleh data tentang peningkatan hasil belajar kemampuan seni anak melalui pembelajaran Bermain Boneka Jarit.
3. Dokumentasi
Dokumentasi adalah salah satu teknik pengumpulan data atau bukti-bukti serta penjelasan yang lebih luas mengenai fokus penelitian. Dokumen digunakan dengan tujuan mencari data yang berasal dari dokumen, wawancara dan catatan yang ada hubungannya dengan objek penelitian sebagai sumber data.

BAB IV
ANALISIS DATA

A. Tabulasi Data

Untuk memudahkan analisis data maka data hasil penelitian dibuat tabulasi sebagai berikut:
Observasi
Wawancara dengan Guru
Wawancara dengan Pimpinan TPA
Dokumentasi
- Anak-anak sedang melaksanakan kegiatan bemain dengan media jarit di dalam kelas.
- TPA Kasih Ibu menerima peserta didik usia 2 – 3 tahun.
- TPA Kasih Ibu Kejawar memberikan kegiatan bermain boneka dengan media jarit untuk mengembangkan fisik motorik anak.
- Dalam pelaksanaannya memang kami sengaja tidak satu anak satu boneka tapi kami dapat melaksanakan dengan kerja sama dan saling membantu untuk melatih tangan satu anak dengan pasangannya.
- Melalui kegiatan bermain boneka jarit diharapkan dapat mengembangkan kreativitas anak dan dapat melatih kerja sama dengan temannya.
- Sesuai dengan jadwal pemutaran sentra.
- Terdapat ruangan khusus untuk kegiatan boneka jarit.
- Untuk memberikan kesempatan pada anak agar dapat bermain dengan media sekitar dengan leluasa.
- Penyusunan kegiatan dibuat setiap bulan sesuai dengan tema dan mengacu pada buku Panduan ADITUKA (Asuhan Dini Tumbuh Kembang Anak) serta dari sumber lainnya untuk membantu kelancaran pembelajaran dan menambah pengetahuna dan wawasan.
- Pemenuhan gizi bagi anak sangatlah penting karena dengan pemenuhan gizi yang tepat anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal.
- Supaya anak dapat melaksanakan kegiatan dengan aman, nyaman dan menyenangkan.
- Untuk pemenuhan gizi anak pun kami sangat perhatikan karena dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak.
- Disesuaikan dengan sentra.
- Terdapat ruangan kamar khusus yang ada tulisan terapi.
- Tentang pelayanan kami pada anak berkebutuhan khusus memang kami menerima juga untuk kami tangani melalui terapi yang biasanya diberikan oleh guru khusus.
- Untuk anak berkebutuhan khusus kami tangani dengan diterapi secara rutin dengan harapan dapat berbaur dengan yang lain.
- Jumlah tenaga pendidik di TPA kami ada 2 (dua) orang.
- Jumlah peserta didik di TPA kami ada 5 peserta didik.
- Program dirancang oleh semua pendidik dan kepala TPA.
B. Hasil Analisis

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh penulis pada saat penelitian maka diperoleh hasil dalam kegiatan bermain boneka dengan media jarit di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas adalah sebagai berikut :

Di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas guru melakukan kegiatan pembelajaran bermain boneka dengan media jarit yang dilakukan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas diharapkan mampu mengembangkan fisik motorik anak melalui media boneka jarit yang dapat menghasilkan bentuk boneka inkonvensional serta dapat mengembangkan rasa kesetiakawanan yang tinggi.

Hasil wawancara dengan pendidik TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas bahwa kegiatan bermain boneka dengan media jarit dapat mengembangkan fisik motorik anak seperti yang diungkapkan oleh Lowen Feld dan Brittain (1980) dalam Widia Pakarti, dkk. (2008) menjelaskan bahwa kegiatan seni berperan dalam mengembangkan fisik, pikir/intelektual, emosional, kreativitas, sosial dan estetika.

Hasil wawancara dengan pimpinan TPA Kasih Ibu Kejawar Banyumas bahwa belajar melalui bermain boneka dengan media jarit pada hakekatnya menyenangkan yang menjadikan anak belajar dari dalam dirinya sendiri sehingga belajar lebih bermakna dari pada sekedar perintah guru.

Jadi, analisis data diperoleh dari data yang terkumpul melalui observasi, wawancara dengan pendidik dan pimpinan dan dokumentasi pada saat penulis melakukan penelitian dan disusun menjadi tabulasi data. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil data yang telah dicapai oleh siswa melalui observasi dalam pembelajaran bermain boneka melalui media jarit yang dilakukan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas.

C. Analisis Kritis

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain boneka dengan media jarit merupakan kegiatan yang bermaksud mengembangkan berbagai kemampuan yang dimiliki anak yang salah satunya adalah mengembangkan kemampuan fisik motorik anak.
Melalui kegiatan bermain boneka dengan media jarit yang dilakukan di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas diharapkan mampu mengembangkan kreativitas anak melalui media jarit dan gerakan tangan yang dapat menghasilkan bentuk boneka inkonvensional serta dapat mengembangkan rasa kesetiakawanan yang tinggi.

Dengan kegiatan bermain boneka jarit dapat mengembangkan fisik motorik seperti yang diungkapkan oleh Lowen Feld dan Brittain (1980) dalam Widia Pakarti, dkk. (2008) menjelaskan bahwa kegiatan seni berperan dalam mengembangkan fisik, pikir/intelektual, emosional, kreativitas, sosial dan estetika.
Secara umum TPA Kasih Ibu Kejawar Banyumas telah mempunyai kegiatan-kegiatan yang baik dan terarah. Kegiatan-kegiatan tersebut telah disusun sedemikian rupa sesuai dengan tahap perkembangan anak sehingga anak berkembang dengan optimal.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Dari tabulasi dan analisis data dapat disimpulkan beberapa hal yaitu sebagai berikut :
1. TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas mempunyai program unggulan yaitu pelayanan anak berkebutuhan khusus/autis dengan terapi rutin.
2. Pengembangan kemampuan yang dimiliki anak salah satunya dikembangkan melalui kegiatan bermain boneka dengan media jarit sehingga anak dapat mengembangkan kreativitas dan rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi.
3. Lingkungan/pemetaan sentra di TPA Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas juga disiapkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung pencapaian kemampuan yang dimiliki anak.
4. Tenaga pendidik yang sesuai dengan bidangnya.

B. Saran-Saran
1. Dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak melalui boneka jarit hendaknya nampan/bahan perlengkapan yang ada jumlahnya memenuhi jumlah anak sehingga anak dapat bebas berkreasi.
2. Pengembangan kemampuan yang dimiliki anak melalui bermain boneka jarit hendaknya pendidik terlibat langsung dengan anak untuk memberi motivasi dan bantuan anak ketika mengalami putus asa.

Laporan Penelitian dan Analisis di TPA (Sampul, Lembar Pengesahan dll)

LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS
PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN BONEKA
MENGGUNAKAN MEDIA JARIT
DI TAMAN PENITIPAN ANAK KASIH IBU KEJAWAR KABUPATEN BANYUMAS
Laporan ini disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD 4504) Program S1 PGPAUD FKIP Universitas Terbuka

DISUSUN OLEH :

NAMA : 
NIM : 
POKJAR : 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA
PURWOKERTO
2014

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan ini disusun untuk diajukan memenuhi tugas mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini pada program Strata 1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.

Nama : 
NIM :
Tempat Penelitian : Taman Penitipan Anak KASIH IBU Kejawar
Waktu Pelaksanaan : Senin, 28 April 2014
Kelas Penelitian : Bermain Boneka Jarit

Telah diterima dan disahkan sebagai syarat untuk memenuhi Tugas mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD 4504) Program S1 PGPAUD FKIP Universitas Terbuka.



Tutor


..........................
NIP. .......................
.................,      Mei 2014
Peneliti


.......................
NIM. ..................

KATA PENGANTAR

Puji syukur, Alhamdulillah kehadirat Alloh SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya. Sholawat dan salam beriring salam semoga senantiasa terlimpah curah kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW atas perkenan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Analisis Penelitian Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini pada Taman Penitipan Anak (TPA) KASIH IBU Kejawar Kabupaten Banyumas. Penyusunan ini didasarkan pada mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.

Di Universitas Terbuka mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD 4504) wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa program S1 PGPAUD. Dengan Analisis Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini mahasiswa diharapkan mampu melakukan penelitian kelas secara sederhana dengan observasi, wawancara, pengumpulan dokumen serta menganalisis hasil penelitian tersebut dengan kerangka keilmuan PAUD yang dimilikinya.

Selanjutnya penulis menyusun Laporan Analisis Penelitian Pengembangan Kegiatan Anak Usia Dini untuk memenuhi tugas mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini yang dilakukan di Taman Penitipan Anak (TPA) KASIH IBU Kejawar Kabupaten Banyumas. Akhirnya laporan ini dapat disusun berkat bimbingan, motivasi dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1. Pembimbing yang telah banyak membantu dan membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan analisis ini.
2. Pengelola Pokjar Banyumas.
3. Pengelola dan Para Pengasuh Taman Penitipan Anak (TPA) Kasih Ibu Kejawar Kabupaten Banyumas.
4. Ayah dan Ibu tercinta yang telah banyak memberi semangat dan bantuan baik moril maupun materiil.
5. Rekan-rekan guru maupun mahasiswa yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Pada kesempatan ini peneliti sangatlah menyadari dalam menyusun laporan ini masih jauh dari sempurna. Hal ini semua karena keterbatasan ilmu yang penulis miliki. Untuk itu saran dan kritik yang membangun penulis harapkan demi kesempatan laporan di masa yang akan datang.

Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan.

...................., Mei 2014
Penulis


..................
NIM. ....................

DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI v
DAFTAR LAMPIRAN vi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Fokus Penelitian 2
C. Tujuan Penelitian 2
D. Manfaat Penelitian 3
BAB II LANDASAN TEORI
A. Perkembangan Motorik Anak 4
B. Pengertian Bermain 6
C. Manfaat Bermain Boneka Bagi Perkembangan Anak 8
D. Medium dan Bahan Baku Boneka Jarit 9
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Subjek Penelitian 10
B. Metode Penelitian 10
C. Instrumen Penelitian 10
BAB IV TABULASI DATA
A. Tabulasi Data 12
B. Hasil Analisis 14
C. Analisis Kritis 15
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan 17
B. Saran 17
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran A : Instrumen Wawancara
1. Instrumen Wawancara dengan Pendidik 4
2. Instrumen Wawancara dengan Pimpinan 3
Lampiran B : Instrumen Hasil Wawancara
1. Instrumen Hasil Wawancara dengan Pendidik 4
2. Instrumen Hasil Wawancara dengan Pimpinan 3
Lampiran C : Dokumentasi 21